Pendidikan

Wisuda Purnasiswa Tahun Ajaran 2021/2022 SMP Negeri 1 Purbalingga

Wisuda Purnasiswa SMP Negeri 1 Purbalingga kembali diadakan setelah vakum selama pandemi Covid-19 pada hari ini Kamis, 16 Juni 2022. Acara wisuda dihadiri oleh para siswa serta orang tua. Acara ini dibuka dengan gending karawitan “Gugur Gunung” secara simbolis yang berarti mempererat hubungan kekeluargaan, yang dibawakan oleh perwakilan bapak/ibu guru dan karyawan untuk menyambut tamu undangan yang hadir. Para siswa kelas 9 sejumlah 273 siswa memasuki area wisuda bersama wali kelas dengan diiringi gending karawitan “Kebo Giro”, kemudian menempati tempat duduk masing-masing. Hiburan pertama yang ditampilkan adalah tarian Geol Denok yang dibawakan oleh perwakilan kelas 7 dan 8. Mengawali serangkaian acara selanjutnya, lagu Indonesia Raya dikumandangkan untuk tetap menjaga rasa nasionalisme yang dipimpin oleh Ibu Sophia Kristiyani. Beberapa acara selanjutnya adalah acara sambutan dan langsung menuju acara inti. Sambutan pertama diberikan dari Bapak Runtut Pramono selaku kepala SMP Negeri 1 Purbalingga yang berisi ucapan selamat dan pesan-pesan untuk para siswa yang akan memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Sambutan selanjutnya diberikan oleh Bapak Aditya Wisnu Wardana selaku ketua komite SMP Negeri 1 Purbalingga.

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Hymne Guru diteruskan dengan pembacaan penetapan peringkat 10 besar terbaik berdasarkan rata-rata nilai rapor dari semester satu sampai semester 6, yang diraih oleh ananda Lody Ayas, Donna Ang, M Sava Fausta, Muhammad Azka, Brilian Tangguh, Mirahel Putri Nathalie, Fiorenza Thea, Mbajeng Nur Faizah, Stephanie Amelia, dan Timotius Dwi Ananta. Masing-masing peringkat 1 s.d 10 terbaik tersebut mendapatkan penghargaan dari sekolah dan sejumlah uang pembinaan. Pada kesempatan hari ini hadir pula Bapak Tri Gunawan selaku Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Purbalingga untuk memberikan sambutan dan motivasi. Acara inti pada hari ini adalah penetapan kelulusan wisudawan dan wisudawati serta prosesi wisuda yang dilakukan oleh wali kelas masing-masing dari kelas 9A s.d kelas 9I untuk penyematan samir dan pemberian rapor.

Setelah acara inti selesai, dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Alumni SMP Negeri 1 Purbalingga yang dipimpin oleh wisudawan dengan peringkat terbaik, Lody Ayas dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 9. Acara wisuda kemudian dilanjutkan persembahan dari siswa-siswi kelas 9 dan persembahan dari paduan suara  Gema Svara kepada bapak/ibu guru dengan menyanyikan lagu Hymne Guru, Syukur serta pembacaan puisi yang dibacakan oleh salah satu perwakilan siswa kelas 9. Acara wisuda tahun pelajaran 2021/2022 ditutup dengan foto siswa kelas 9 bersama wali kelas. Serangkaian acara wisuda telah dilaksanakan dengan khidmat dan lancar sampai pengujung acara. Tiada hal yang membahagiakan selain mengantarkan semua anak-anak menuju jalan sukses menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Semoga dengan kembali diadakannya acara perpisahan sekaligus wisuda purnasiswa ini dapat menjadi titik balik bahwa segala sesuatu yang selama ini tertidur dalam jangka waktu yang lama kembali membaik secara perlahan.

Surat kecil dari kami

Teruntuk semua anak didik kami, selamat menempuh masa putih abu-abu. Teruskan kiprahmu dalam mengarungi segala macam tahapan kehidupan selanjutnya. Berjuang tidak harus selalu ada dalam garis edar yang sama, begitupun perpisahan  bukan berarti tidak bertemu lagi. Pulanglah kembali dalam keadaan binar di wajah kalian untuk menceritakan segala kisah kalian dalam meraih cita-cita. Jaga selalu nyala, harapan, dan ambisi kalian. Sampai bertemu lagi di lain hari, nak. Kami selalu menunggu kalian pulang…