Pendidikan

Cek Kesehatan sebagai Bekal PTM Lebih Kondusif

(Selasa, 22 Maret 2022)

Pelaksanaan PTM yang ada di Kabupaten Purbalingga telah dilaksanakan secara serentak di setiap sekolah. Meskipun demikian, setiap sekolah belum melaksanakan PTM 100%. Beberapa sekolah menerapkan sistem pembagian shift atau pembagian keberangkatan yang telah dikondisikan oleh sekolah masing-masing. Pada hari yang sudah ditentukan, beeberapa sekolah bekerjasama dengan Puskesmas Purbalingga melakukan pengecekan kesehatan (testing) yang dilakukan secara berkala dengan sample secara acak dari beberapa siswa. SMP N 1 Purbalingga merupakan salah satu sekolah yang dijadwalkan melakukan pengecekan kesehatan pada hari ini. 

Puskesmas Purbalingga bekerjasama dengan SMP N 1 Purbalingga melakukan pengecekan kesehatan dalam rangka antisipasi sekaligus pencegahan Covid-19. Kegiatan pengecekan kesehatan tersebut diikuti oleh 30 peserta didik dari seluruh kelas VII, VIII, dan XI. Peserta pengecekan kesehatan dipilih secara acak mewakili setiap kelas. Pengecekan kesehatan tersebut dimulai pukul 09.30 sampai pukul 10.15 dengan mematuhi protokol kesehatan. Tempat pelaksanaan pengecekan kesehatan bertempat di Aula SMP N 1 Purbalingga. Alur pengecekan dimulai dari siswa dipanggil melalui pengeras suara, kemudian peserta didik diarahkan untuk mengisi daftar hadir dan menunggu namanya dipanggil oleh petugas. Peserta didik yang dipanggil segera menuju ke aula untuk dilakukan tes rapid secara bergilir. Setelah rapid tes, peserta didik kembali diarahkan ke kelas masing-masing untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar. Hasil rapid tes diketahui bahwa ke 30 peserta didik yang dipilih secara acak dinyatakan sehat dan  negatif dari Covid-19.

Tingkat penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat menjadikan pengambilam sample ini perlu dilakukan. Maka dari itu, rapid tes tersebut ditujukan sebagai upaya antisipasi pemutusan penyebaran Covid-19 di Purbalingga. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan PTM dapat terlaksana dengan baik dan semakin kondusif agar para siswa tetap mendapatkan pelayanan kegiatan belajar mengajar dengan baik.