Upacara Peringatan 17 Agustus 2018

Beragam acara digelar masyarakat untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-73, pada tahun 2018 ini. Di Jawa Tengah, setidaknya ada tiga upacara bendera unik lantaran dilakukan bukan di tempat biasa.

Upacara unik ini digelar di wilayah berbeda, yakni Dataran Tinggi Dieng, Purbalingga, dan Cilacap. Mereka menggelar upacara bendera, sesuai dengan karakteristik wilayahnya.
Di Dieng, masyarakat dan para pendaki dari penjuru nusantara berencana menggelar upacara di puncak Gunung Prau dilanjutkan penerbangan 1.000 layang-layang dan bersih gunung.
Adapun di Purbalingga, pemerintah daerah, pelaku wisata dan masyarakat menggelar upacara di gua. Sementara, di Cilacap, warga Kecamatan Kampung Laut bakal berupacara bendera memperingati HUT RI ke-73 di atas air Laguna Segara Anakan.

Upacara HUT RI unik pertama di Wonosobo. Sebagaimana diketahui, sebagian wilayah didominasi pegunungan. Salah satunya, Gunung Prau, Dieng.
Di Purbalingga, Memperingati HUT RI ke-73 pengelola daya tarik wisata Goa Lawa Purbalingga atau Golaga bakal menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di dalam goa. Upacara ini menjadi satu-satunya peringatan HUT RI di dalam goa yang artistik dan unik.
Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Ir Prayitno upacara akan dilaksanakan di salah satu ruang di dalam goa yang disebut dengan Balai Pertemuan Agung.

Di SMP Negeri 1 Purbalingga upacara dilaksanakan tepat pukul 7.00 WIB. Tidak semua siswa mengikuti peringatan disekolah karena ada sebagian yang mengikuti peringatan di tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten.

Tags:

About smpn1 pbg