Selamat Datang Peserta Didik Baru

Hampir disemua sekolah membentangkan spanduk baru di depan gerbang mereka, bertuliskan slogan seperti judul di atas.
Seperti yang kita ketahui, mulai hari Senin (16 juli 2018) hampir semua sekolah di Kota Purbalingga, baik dari tingkat dasar sampai menengah atas, termasuk Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak memulai kegiatan belajar mengajar. Diawali dengan orientasi hari pertama di Tahun Ajaran baru.

Terlihat wajah gugup para siswa baru tersebut. Menghadapi realitas bahwa mereka harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Namun banyak juga dari mereka yang menyambutnya dengan wajah riang gembira. Karena bisa bertemu kembali dengan teman-temannya setelah liburan yang relatif panjang (perlu diketahui, liburan semester kali ini diawali libur akhir Ramadan dan Idul Fitri).

Para orang tua pun tidak ketinggalan, berbondong-bondong mengantarkan anaknya. Walau ada juga yang hanya mendampingi anaknya di hari pertama bersekolah. Tentunya, di Tahun Ajaran Baru ini juga memberi rezeki lebih bagi para penjahit dan pedagang pakaian sekolah hingga peralatan tulis atau keperluan sekolah lainnya. Baik di pusat perbelanjaan modern, maupun di titik-titik ekonomi tradisional. Tak perlu dibayangkan omzet yang bisa mereka raup di momen seperti ini setiap tahunnya.

Lain halnya dengan para orang tua yang mau tidak mau harus berpikir. Setelah sebelumnya dipusingkan dengan keperluan Lebaran seluruh keluarga, kini harus memikirkan biaya lagi untuk kebutuhan anak sekolah. Semoga dalam hal ini sang anak dapat mengerti kondisi orang tua, agar mereka dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin di sekolah.

Semoga saja di Tahun Ajaran yang baru ini, dunia pendidikan di Indonesia, khususnya Kota Purbalingga bisa lebih maju dan makin baik. Diharapkan pula tidak ada lagi jurang pembeda antara sekolah yang berada di wilayah kota maupun di pinggiran. Bahkan para pengajar pun diharapkan memiliki kesejahteraan yang sama dari pemerintah, agar tidak ada kesan pilih kasih dan para pengajar menjadi semangat memberikan ilmu kepada anak didiknya. Dan anak didik pun lebih terpacu prestasinya baik di sekolah maupun di luar sekolah. Aamiin

About smpn1 pbg