Laboratorium Multimedia

Pengertian Laboratorium

Menurut Direktorat Pendidikan Menengah Umum dalam Wira Bahari Nurdin (2005), dijelaskan bahwa Laboratorium adalah tempat melakukan percobaan dan penyelidikan. Tempat ini merupakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka , misalnya kebun. Dalam pengertian yang terbatas laboratorium ialah suatu ruangan yang tertutup tempat untuk melakukan percobaan dan penyelidikan. Selain itu Widyarti (2005) memberikan pengertian yang lain tentang laboratorium sebagai berikut: Laboratorium adalah suatu ruangan tempat melakukan kegiatan praktik atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat laboratorium serta danya infrastruktur laboratorium yang lengkap. Dari beberapa pendapat diatas dapat diasumsikan bahwa laboratorium adalah tempat untuk melakukan percobaan dan penelitian yang berada didalam ruangan tertutup maupun terbuka yang dilengkapi alat-alat laboratorium yang lengkap.

 

Manfaat Penggunaan Laboratorium Multimedia di Sekolah

Dengan hadirnya teknologi yang baru dirasakan banyak membantu dan membawa perubahan kearah yang berkualitas terutama pada proses pembelajaran. Guru di Sekolah Menengah dengan adanya multimedia merasa teratasi kesulitan mengajar dan meningkatkan prestasi antara lain:

  • Menjadi lebih jelas dalam menyampaikan materi sehingga materi lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa, dan menjadikan prestasi meningkat
  • Menarik dan tidak membosankan siswa dan lebih efektif
  • Membantu mengatasi keterbatasan waktu apabila materi itu banyak atau di lingkungan sekitar tidak ada
  • Mampu mengatasi untuk tidak mendatangkan obyek yang tidak mungkin didatangkan.( seperti materi : pasar modal)
  • Mendekatkan dengan dunia nyata
  • Memudahkan penilaian.
  • Menjadi sumber belajar atau Perpustakaan bagi siswa sehingga perstasi belajar siswa meningkat.

Laboratorium Multimedia di SMP Negeri 1 Purbalingga ada 4 ruang. Laboratorium ini bertempat di lantai 2 dan 3. Laboratorium multimedia ini memiliki daya tampung hingga 30 siswa masing-masing ruang. Ruang memiliki ukuran yang cukup luas disertai fasilitas AC yang dapat membuat siswa merasa nyaman beraktifitas di laboratorium multimedia. Laboratorium Multimedia memiliki fungsi utama yakni untuk kegiatan praktik dan UNBK. Alat pendukung juga disediakan untuk menunjang fungsi dari laboratorium ini dan kegiatan pembelajaran yang ada didalamnya. Alat pendukung yang disediakan seperti : Personal Computer, Router, Switch, Access Point, LCD Projector, White Board. Selain alat, terdapat juga software yang telah terinstal dalam setiap komputer seperti : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw dan software-software sejenis. Laboratorium ini juga digunakan untuk kegiatan akademik lainnya.

About the Author