PRE TEST

Berbicara tentang dunia pendidikan tentu tidak bisa lepas dari proses pembelajaran. Demikian pula dengan kegiatan pembelajaran pastilah tidak bisa kita lepaskan dari yang namanya tes.

Menurut Hamzah B Uno, Tes adalah seperangkat tugas yang harus dikerjakan atau sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oles peserta didik untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaannya terhadap cakupan materi yang dipersyaratkan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran tertentu.

Dari kutipan tersebut jelas bahwa tes tersebut merupakan sebuah tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran.

Terkadang guru bisa melakukan tes kepada siswa di awal kegiatan pembelajaran atau di akhir pembelajaran. Bahkan mungkin saja guru tidak melakukan tes sama sekali setiap mengakhiri kegiatan pembelajaran. Semua itu bisa saja, namun sebagai guru yang profesional, saya yakin anda semua tentu melakukan tes kepada siswa.

Mungkin selama ini anda sudah sangat fasih mendengar istilah pre test dan post tes. Bahkan saya yakin sudah tidak asing lagi. 

Pre Tes adalah seperangkat tugas yang harus dikerjakan siswa atau bisa juga berupa pertanyaan yang diberikan di awal memulainya kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukan Pre Tes tersebut adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman atau kemampuan awal yang dimiliki siswa terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari.

Soal Pre Tes biasanya mengacu pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Bentuk soal Pre Tes bisa berupa pilihan ganda atau uraian. Jumlah soal Pre Tes biasanya tergantung kebijakan guru, yang perlu diperhatikan agar ketika siswa mengerjakan soal Pre Tes tidak mengurangi waktu kegiatan pembelajaran.

Perolehan siswa terhadap nilai Pre Tes ini tidak akan sama dengan Pos Tes. Bisa saja nilai Pre Tes masuk kedalam kreteria minimal atau bahkan lebih. Karena, bisa saja siswa membaca buku pelajaran sebelumnya, memiliki pengalaman terkait dengan materi yang dipelajari, dan bisa saja siswa sudah mencari materi tersebut di internet.

Dengan nilai Pre Tes tersebut guru akan memperoleh gambaran tentang jumlah siswa yang sudah menguasai sebagai atau materi secara keseluruhan dan siswa yang belum sama sekali menguasai materi yang akan diajarkan tersebut.

Pengertian Post Tes

Post Tes adalah sejumlah tugas yang harus dikerjakan siswa bisa berupa pertanyaan yang harus dijawab siswa setelah proses kegiatan pembelajaran berakhir. Tujuan dari Post Tes tersebut adalah untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran, serta untuk mengetahui tingkat daya serap siswa terhadap materi yang dipelajari.

Soal Post Tes yang diberikan guru bisa saja sama dengan soal Pre Tes sebelumnya. Dengan membandingkan nilai Pre Tes dengan Post Tes maka guru akan memperoleh perbandingan hasil evaluasi siswa.

Biasanya nilai Post Tes siswa akan meningkat, bila siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sebaliknya siswa yang kurang serius dalam mengikuti kegiatan pembelajaran akan memperoleh nilai Post Tes yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Mengenai jumlah soal dan bentuk soal Post Tes sekali lagi semua mengacu pada tujuan pembelajaran yang sudah disusun oleh guru.

Sebagaimana tahun yang lalu SMPN1 Purbalingga mempersiapkan siswa-siswinya untuk menghadapi Ujian Nasional memberi tambahan pelajaran (tampel) yang pelaksana-anya dilaksanakan sore hari.

Sebelum kegiatan tambahan pelajaran dilaksanakan terlebih dahulu diadakan penilaian PreTest, dan pada tahun ini dilaksanakan mulai hari Senin sampai dengan Kamis, tanggal, 6 sampai 9 Agustus 2018.

Dari hasil penilain pretest inilah yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam memberi materi pelajaran sehingga pada sa-atnya nanti Ujian Nasional akan dapat dikerjakan dengan baik dan hasil yang baik Aamiin.

Tags:

About smpn1 pbg