Uncategorized

MPLS SPENZAGA DI MASA PANDEMI COVID19

PPDB Online Tahun Pelajaran 2020/2021 baru saja usai. SMP Negeri 1 Purbalingga secara resmi telah menerima 284 peserta didik baru melalui proses seleksi tersebut. Harapan dan semangat terpancar dari wajah peserta didik yang telah diterima. Mungkin rasanya mereka ingin segera mengemas tas sekolah, lalu mantap melangkah memasuki gerbang Spenzaga. Tapi apadaya, pandemic Covid19 masih menahan langkah para peserta didik baru tersebut. Mereka belum bisa sepenuhnya hadir untuk belajar di SMP Negeri 1 Purbalingga. Tapi tentu saja mereka tetap harus tahu tentang apa dan bagaimana Spenzaga itu bukan?

Pada tanggal 13 s.d. 16 Juli 2020, peserta didik baru yang telah diterima di SMP N 1 Purbalingga, beserta orang tua, telah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 1 Purbalingga. Di tengah masa pandemi Covid19 ini, MPLS dilaksanakan dengan proses yang sangat jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada riuh suara ratusan peserta didik baru. Karena dalam setiap sesinya, hanya ada sekitar 30 peserta didik dan 30 orang tua/wali peserta didik baru yang mengikuti MPLS tersebut.

Ya, pelaksanaan MPLS di SMP Negeri 1 Purbalingga Tahun Pelajaran 2020/2021 ini memang dilaksanakan bergilir. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan. Pembagian jadwal pelaksanaan MPLS diatur oleh Bidang Kesiswaan SMP Negeri 1 Purbalingga yang dipimpin oleh Bapak Suparto, S.Ag. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.  Protokol kesehatan masa pandemic Covid 19 juga benar-benar diterapkan dalam pelaksanaan MPLS ini. Seluruh siswa dan orang tua yang hadir, wajib menjalani cek suhu badan. Apabila ditemukan peserta didik ataupun orang tua yang memiliki suhu badan lebih dari 37,5oC, maka tidak diperkenankan masuk. Seluruh peserta MPLS juga wajib mencuci tangan serta mengenakan masker selama jalannya kegiatan.

Saat cuaca memungkinkan, pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru, dilakukan di lapangan basket SMP Negeri 1 Purbalingga. Namun, jika cuaca tidak memungkinkan, maka MPLS dilaksanakan di ruang kelas multiguna, tentu saja dengan tempat duduk yang telah diatur jaraknya.

MPLS di SMP Negeri 1 Purbalingga tidak hanya diikuti oleh peserta didik baru, melainkan juga diikuti oleh orang tua atau wali peserta didik baru tersebut. Orang tua / wali peserta didik mengikuti pengarahan dari Bidang Kurikulum yang dipimpin oleh Ibu Yohana Kristianti, M.Si., di Aula SMP Negeri 1 Purbalingga. Mengapa orang tua / wali peserta didik diikutsertakan? Hal tersebut dilakukan karena dalam masa pandemi Covid19 ini, pembelajaran akan dilangsungkan secara online (daring), sehingga orang tua / wali perlu mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Purbalingga. Selain itu, orang tua / wali peserta didik baru tersebut juga harus benar-benar memahami bagaimana pembelajaran dan target belajar di SMP Negeri 1 Purbalingga. Agar nantinya tercipta kolaborasi yang baik antara sekolah, orang tua / wali, dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran di SMP Negeri 1 Purbalingga.

Kepala SMP N 1 Purbalingga, Drs. Runtut Pramono, juga menegasakan bahwa untuk melaksanakan pembelajaran online (daring) selama masa pandemi Covid19 ini, perlu ada kerjasama sekolah dengan berbagai pihak. Utamanya dari pihak orang tua. Agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran online (daring) secara lancar, dan materi-materi esensial bisa tersampaikan dengan baik.

Dalam waktu yang singkat pada setiap sesi (90 menit), peserta didik baru diberi kesempatan untuk mengenal lingkungan SMP Negeri 1 Purbalingga. Mereka juga diberi penjelasan tentang bagaimana proses pembelajaran online (daring) di masa pandemi Covid19, bagaimana pembelajaran di SMP Negeri 1 Purbalingga (mencakup tentang KKM dan jadwal pembelajaran), serta tak lupa berkenalan dengan Wali Kelas mereka selama kelas VII di SMP Negeri 1 Purbalingga ini. Waktu 90 menit benar-benar dimanfaatkan untuk penyampaian informasi esensial penunjang pembelajaran peserta didik baru tersebut.

Walaupun tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, ada yang istimewa dalam pelaksanaan MPLS kali ini. SMP Negeri 1 Purbalingga, pada hari Rabu, 15 Juli 2020, mendapat kunjungan dari Bupati Purbalingga, Ibu Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M., beserta jajarannya yaitu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Joko Sumarno, S.Pd., M.Pd.,  meninjau langsung jalannya kegiatan MPLS di SMP Negeri 1 Purbalingga. Peserta MPLS mendapatkan kesempatan berinteraksi secara langsung dengan Bupati Purbalinga di Lapangan Basket SMP Negeri 1 Purbalingga. Bupati Purbalingga memberi pesan kepada seluruh peserta MPLS bahwa di masa pandemi Covid19 ini, protokol kesehatan seperti pemakaian masker, tidak berkerumun, serta rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir ataupun menggunakan hand sanitizer harus selalu diterapkan. Kita tidak boleh terlena atau lalai dalam masa pandemi ini. Bupati Purbalingga juga menekankan, bahwa belum diizinkannya kegiatan pembelajaran tatap muka dalam jenjang Pendidikan manapun. Sehingga, pembelajaran di SMP Negeri 1 Purbalinggapun otomatis akan dilaksanakan secara online (daring).

MPLS di masa pandemi

 ini mengajarkan kita, bahwa dalam keterbatasan, selalu ada hal bermanfaat yang bisa kita lakukan. SPENZAGA BISA….!!! SPENZAGA JAYA….!!! SPENZAGA, BISA, BISA, JAYA….!!! (PB)