Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Kegiatan hari pertama masuk sekolah adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) . Yaitu istilah yang diberikan untuk penyelenggaraan kegiatan di tiga hari pertama masuk sekolah. Istilah ini dahulu dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru di Sekolah (MOPD).

Ada perbedaan sudut pandang antara MPLS dan MOS . MPLS yang sekarang digunakan lebih mengedepankan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan, berbeda dengan MOS atau MOPD yang cenderung disalah tafsirkan sebagai ajang perpeloncoan bagi siswa baru oleh siswa senior.

Sesungguhnya kedua istilah tersebut sama-sama dimaksudkan untuk menyiapkan sikap dan mental siswa memasuki sekolah baru, mengenal situasi baru di sekolah baru, menyiapkan diri untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tata cara yang mungkin berbeda dengan di tempat belajar sebelumnya, mengenal aturan dan tata tertib, yang semuanya bertujuan agar siswa belajar di sekolah yang baru sesuai tujuan pendidikan nasional.

Menurut Permendikbud Nomor 18 tahun 2016 , Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bertujuan untuk:

  • mengenali potensi diri siswa baru;
  • membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  • menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  • mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  • menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai,
  • menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk
  • mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Adapun Petunjuk Teknis Pelaksanaan MPLS Berdasarkan Permendikbud No 18 Tahun 2018 dapat diunduh disini :

Petunjuk Pelaksanaan MPLS 2018 – 2019  ( Unduh Disini )

Silabus Pelaksanaan MPLS 2018 – 2019 ( Unduh Disini )

Formulir Pelaksanaan MPLS 2018 – 2019 ( Unduh Disini )

Kegiatan Pelaksanaan MPLS 2018 – 2019 ( Unduh Disini )

Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai materi-materi yang diberikan kepada peserta didik baru dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2018/2019 ini;

  1. Wawasan Wiyata Mandala
    Peserta didik akan diberikan pengetahuan mengenai arti dan makna wawasan wiyata mandala itu sendiri, unsur-unsur wiyata mandala juga dibahas lengkap pada materi tersebut. Selain itu, pemateri juga akan memberikan pengetahuan mendalam mengenai Sekolah dan Fungsinya, supaya peserta didik faham tujuan mereka berangkat ke sekolah setiap hari itu untuk apa saja. Hal tersebut berguna untuk mengurangi tingkat kemalasan peserta didik dan membuat peserta didik memiliki tujuan yang jelas ketika mereka berangkat ke sekolah.
    Materi MPLS Wawasan Wiyata Mandala ( Unduh Disini )
  2. Kepramukaan             
    Peserta didik akan dikenalkan lebih luas dan mendalam mengenai pentingnya mengikuti kegiatan pramuka di sekolah. Karena hal tersebut merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang harapan akhirnya dengan mengikuti kegiatan pramuka ini akan membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur dan menjadi warga negara yang berjiwa pancasila setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.
    Materi MPLS Kepramukaan ( Unduh Disini )
  3. Kesadaran Berbangsa dan bernegara
    Pada materi ini peserta didik akan diberi pemahaman mengenai pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara, karena pengaruh globalisasi akhir-akhir ini dan juga panasnya suhu politik di negara indonesia banyak orang yang lebih mementingkan dirinya sendiri dan golongannya daripada bangsa dan negaranya. Maka dari itu, seorang peserta didik yang baik yang disiapkan untuk memajukan bangsa dan negaranya sendiri harus memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang baik sehingga kelak dapat berguna bagi bangsa dan negara.
    Materi MPLS Kesadaran Berbangsa dan bernegara( Unduh Disini )
  4. Belajar Efektif
    Pada tahap ini peserta didik juga akan diberikan materi mengenai cara belajar yang baik dan benar. Jadi mereka tidak bosan untuk membaca buku pelajaran dan mengerjakan tugas. Karena canggihnya teknologi pada saat ini, banyak siswa yang malas untuk belajar, mereka lebih suka nonton video online atau main game di android. Sudah bukan hal yang istimewa lagi, zaman sekarang anak SD saja sudah banyak yang dibelikan HP android sendiri oleh orang tuanya, bahkan terkadang lebih bagus dari gurunya sendiri.
    Materi MPLS Belajar Efektif( Unduh Disini )
  5. Pendidikan Karakter
    Pendidikan karakter perlu ditegakkan di lingkungan sekolah. Hal tersebut sudah ditetapkan oleh Permendikbud no.20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal. lantas, apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter itu sendiri. Penguatan Pendidikan karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.Materi 
    MPLS Pendidikan Karakter( Unduh Disini )
  6. Tata Krama Siswa
    Materi ini sangatlah penting untuk diberikan kepada siswa. Mengingat saat ini banyak akhlak peserta didik yang sudah mulai merosot dan luntur, maka tata krama siswa kepada temannya, kepada gurunya dan kepada orang tuanya sangatlah penting untuk ditegakkan kembali. Jangan sampai kejadian siswa memukul gurunya sendiri terulang kembali seperti pada berita-berita di media nasional yang telah beredar belakangan ini.
    Materi MPLS Tata Krama Siswa( Unduh Disini )
  7. Pengenalan Kurikulum Pendidikan (Kurikulum 2013)
    Peserta didik akan mendapatkan penjelasan mengenai kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum yang masih baru yang diterapkan oleh pemerintah di semua jenjang satuan pendidikan. pada kurikulum 2013 ada perubahan besar-besaran mengenai materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa. ada beberapa materi yang telah dirampingkan dan ada juga yang ditambahkan. Salah satu materi yang dirampingkan adalah Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Adapun materi yang ditambah porsinya adalah Matematika. Untuk matematika sendiri disesuaikan dengan pembelajaran standar Internasional.
    Materi MPLS Pengenalan Kurikulum 2013( Unduh Disini )
  8. Pembinaan Mental
    Pendidikan
    dimanapun dan kapanpun masih dipercaya orang sebagai media ampuh untuk
    membentuk kepribadian anak ke arah kedewasaan. Pendidikan agama adalah unsur
    terpenting dalam pendidikan moral dan pembinaan mental. Pendidikan moral yang
    paling baik sebenarnya terdapat dalam agama karena nilai-nilai moral yang dapat
    dipatuhi dengan kesadaran sendiri dan penghayatan tinggi tanpa ada unsur
    paksaan dari luar, datangnya dari keyakinan beragama. Karenanya keyakinan itu
    harus dipupuk dan ditanamkan sedari kecil sehingga menjadi bagian tidak
    terpisahkan dari kepribadian anak sampai ia dewasa. Melihat dari sini,
    pendidikan agama di sekolah mendapat beban dan tanggung jawab moral yang tidak
    sedikit apalagi jika dikaitkan dengan upaya pembinaan mental remaja. 

Materi MPLS Pembinaan Mental( Unduh Disini )

Unduh Contoh 1 Juknis MPLS 2018 – 2019 SMP ( Unduh Disini )
Unduh Contoh 2 Juknis MPLS 2018 – 2019 SMA (Unduh Disini )
Unduh Contoh 3 Juknis MPLS 2018 – 2019 SMK ( Unduh Disini )

Demikianlah tadi beberapa ulasan singkat mengenai Masa Pengenalan Lingkungan 2018/2019 yang dapat diberikan kepada peserta didik baru. Sehingga peserta didik baru lebih semangat dalam belajar di lingkungan sekolah baru dan juga nantinya kelak menjadi generasi yang dapat memajukan bangsa dan negara, kelak berguna bagi bangsa dan negara dan kelak dapat sukses untuk dirinya sendiri. Amiin.

Tags:

About smpn1 pbg