Latihan Manasik Haji

Sebanyak 251 siswa kelas 9 SMP 1 Purbalingga mengikuti manasik haji di Alun-alun Purbalingga, Sabtu (16/3/2019). Mereka dibimbing pembimbing haji dari Kantor Kementerian Agama.

Penanggung jawab kegiatan  menjelaskan, kegiatan ini merupakan penguatan pendidikan karakter siswa kelas 9 di tahun pelajaran 2018/2019. “Tujuan kegiatan agar siswa memahami serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah melalui manasik haji. Kemudian mempraktikkan ilmu ibadah haji yang didapatkan dari guru agama,” katanya.

Siswa diharapkan mampu menangkap dan memahami tentang ayat kauniyah fenomena alam, dan ayat kauliyah atau firman Allah yang terkait dengan perintah melaksanakan ibadah haji.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pemberian materi teori tentang haji dan umrah di semester 2. Sebelum manasik, siswa mendengarkan penjelasan teknis oleh pembimbing dari Kantor Kemenag. ‘’Selanjutnya siswa masuk kelas masing-masing untuk membaca niat berhaji. Jadi kelas dianggap sebagai maktab.

WhatsApp Image 2019-03-19 at 13.15.37
Di kelas mereka juga memakai baju ihram,’’ujarnya. Kemudian anak ke aula sebagai Arafah, lalu ke lapangan basket sebagai Muzdalifah. Dilanjutkan keluar sekolah ke alun-alun untuk melaksanakan rukun haji yang lain. ‘’Di alun-alun, siswa melaksanakan lempar jumrah, sai, tawaf dan tahalul. Setelah selesai semua, mereka kembali ke sekolah,’’

Latihan manasik haji yang bekerja sama dengan Kantor Kemenag ini sudah berlangsung sejak 2009. Setiap tahun kegiatan keagamaan ini diikuti siswa kelas 9. ‘’Dengan adanya praktik manasik itu, diharapkan kelak jika mereka menunaikan haji tidak lagi canggung sebab sudah pernah melakukan manasik waktu sekolah SMP,’’.

About smpn1 pbg