RELIGIUS

PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) SISWA

SMP NEGERI 1 PURBALINGGA

 
1. Pembiasaan Kehidupan Religius (Religius Culture)

  • Tadarus Al Quran

Kegiatan Tadarus Al Quran di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan sebagai upaya membentuk pribadi-pribadi siswa muslim yang memiliki budaya membaca Al Quran dalam kehidupan sehari-hari secara rutin. Oleh karena itu kegiatan tadarus Al Quran dilakukan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan siswa berbasis budaya sekolah untuk membentuk karakter siswa yang memiliki budaya kehidupan religius dalam kehidupannya. Adapun mekanisme pelakanaan tadarus Al Quran dilakukan secara terprogram terjadwal setiap hari Jumat imtaq selama 30 yakni pukul 06.50 – 07.20 WIB menit dipimpin oleh siswa Rohis dengan arahan guru agama Islam.

  • Shalat Dhuha

Kegiatan Shalat dhuha di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan sebagai upaya membentuk pribadi-pribadi siswa muslim yang memiliki budaya melaksanakan shalat sunah dalam kehidupan sehari-hari secara rutin berbasis kelas. Kegiatan melaksanakan shalat dhuha dilakukan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan siswa berbasis budaya sekolah untuk dalam rangka membentuk karakter siswa yang memiliki budaya kehidupan religius dalam kehidupannya. Adapun mekanisme pelakanaan shalat dhuha dilakukan secara terintegrasi dengan kegiatan pelajaran agama Islam di kelas yang jadwal kegiatan pembelajarannya masih dalam waktu shalat dhuha dan dibimbing oleh guru pengampu.

  • Shalat dhuhur berjamaah

Kegiatan Shalat dhuhur berjamaah di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan sebagai upaya membentuk pribadi-pribadi siswa muslim yang memiliki budaya melaksanakan shalat secara berjamaah dalam kehidupan sehari-hari secara rutin. Kegiatan melaksanakan shalat dhuhur berjamaah dilakukan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan siswa berbasis budaya sekolah untuk dalam rangka membentuk karakter siswa yang memiliki budaya kehidupan religius dalam kehidupannya yang dilaksanakan secara terprogram dan terjadwal setiap hari sabtu pukul 11.40 – 12.30 WIB diikuti oleh seluruh warga sekolah (siswa, guru dan tenaga kependidikan muslim) berbaur dengan masyarakat sekitar di masjid Agung Darussalam.

  • Penanaman nilai religius

Kegiatan penanaman nilai religius di SMP Negeri 1 Purbalingga merupakan  kegiatan pembiasaan pengamalan perilaku yang mencerminkan karakter siswa memiliki nilai religius dalam kehidupan sehari-hari berbasis kelas. Penanaman nilai religius dilaksanakan terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas untuk semua mata pelajaran. Adapun aktivitas yang dilakukan untuk menanamkan nilai religius kepada siswa selama proses  pembelajaran di kelas adalah seperti kegiatan berdoa setiap memulai kegiatan pembelajaran, berdoa untuk kesembuhan teman yang sakit atau sedang dalam musibah, memberikan apresiasi dengan ikut bergembira/merasa senang (bersyukur) ketika teman mendapatkan keberhasilan/ kesuksesan.

  • Pendalaman Iman bagi siswa non muslim

Kegiatan pendalaman iman bagi siswa non muslim di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis komunitas sebagai upaya membentuk pribadi-pribadi siswa non muslim yang memiliki budaya sekolah dan perilaku diri selalu meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa secara terus menerus. Kegiatan pendalaman iman bagi siswa non muslim berkelompok sesuai agama masing-masing dilaksanakan secara terprogram dan terjadwal setiap hari jumat imtaq dengan dibimbing oleh guru agama masing-masing.

  • Doa Bersama Siswa Kelas IX menjelang Kegiatan Ujian Nasional

Kegiatan Doa Bersama Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Purbalingga menjelang Kegiatan Ujian Nasional dilaksanakan berbasis budaya sekolah dan masyarakat. Kegiatan Doa Bersama dilakukan bersama antara siswa kelas IX dengan masing-masing orang tua bertujuan untuk menanamkan pembiasaan perilaku dan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari utamanya tentang pentingnya dukungan restu dan doa dari orang lain  khususnya kedua orang tua dan guru serta teman-temannya untuk bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk diberikan ridlo, rahmat, hidayah dan kemudahan dalam menyelesikan Ujian Nasional. Kegiatan doa bersama dilaksanakan pada minggu terakhir sebelum pelaksanaan ujian baik ujian sekolah dan ujian nasional.

 

2.Peningkatan Pemaham Keagamaan

  • Hafalan Juz ‘Amma

Kegiatan Hafalan Juz ‘Amma di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan dalam rangka upaya mewujudkan pribadi-pribadi siswa muslim yang mampu hafal Al Quran juz ‘Amma (juz 30) berbasis budaya sekolah dan masyarakat. Kegiatan hafalan juz ‘Amma dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh siswa muslimyang dilaksanakan terprogram dan terjadwal rutin setiap hari Jumat pukul 13.30 – 15.30 secara bergantian antara kelas VII dan kelas VIII. Dalam pelaksanaannya para siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal membaca Al Quran, perkembangan kemampuan selama proses kegiatan dan pada akhirnya bagi siswa yang telah mampu hafal lebih awal menjadi mentor bagi teman yang belum dan seterusnya. Kegiatan ini bekerja smam dengan pihak luar yakni melibatkan khafidz yang mengajar di TPQ – TPQ di wilayah Purbalingga.

  • Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Rokhis

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Rohis di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan  berbasis budaya sekolah dan masyarakat dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada siswa calon pengurus rohis agar memiliki kompetensi dalam mengorganisasikan kegiatan keagamaan dan membimbing siswa agar mampu menjadi mentor (tutor sebaya)  bagi siswa muslim lainnya dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan bagi dirinya. Kegiatan LDK dilaksanakan pada akhir tengah semester gasal setelah Pengurus Rohis terbentuk melalui pemilu Rohis.

  • Pesantren Ramadhan bagi siswa muslim (Kilat/satu malam)

Kegiatan pesantren ramadhan di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dan masyarakat dalam rangkan meningkatkan pemahaman keagaman bagi siswa muslim sehingga kualitas keimanan dan pengamalan nilai-nilai islam dalam  kehidupan sehari-hari. Kegiatan pesantren Ramadhan dilaksanakan pada minggu akhir bulan ramadhan sebelum libur akhir ramadhan secara bergantian bagi siswa kelas VII dan kelas VIII yang masing-masing bermalam di sekolah satu malam. Materi kegiatan berupa kajian pendalaman pemahaman ajaran islam, penningkatan keimanan serta kegiatan-kegiatan amaliah ramadhan lainnya seperti buka bersama, sahur bersama, shalat magrib berjamaah, isya/tarawih berjamaah, dan subuh berjamaah, serta shalat tahajud bersama.

 

3. Pengembangan Bakat Minat Siswa dalam Seni Berbasis Agama

  • Pelatihan Seni Baca Al Quran

Kegiatan Pelatihan Seni Baca Al Quran di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dan masyarakat yang bertujuan mengembangkan bakat minat siswa muslim dalam bidang seni baca Al Quran. Kegiatan dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler terprogram dan terjadwal setiap hari Senin pukul 13.30 – 15.30 WIB. Adapun pelaksanaan pelatihan seni baca Al Quran bekerja sama dengan pihak luar sebagai pelatih yang memiliki kompetensi dalam bidang seni baca Al Quran.

  • Kegiatan pelatihan hadroh di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dan masyarakat yang bertujuan mengembangkan bakat minat dan apresiasi seni siswa muslim dalam bidang seni musik hadroh. Kegiatan pelatihan hadroh dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler terprogram dan terjadwal setiap hari Rabu pukul 13.30 – 15.30 WIB dengan melibatkan pelatih yang memiliki kompetensi dalam bidang seni hadroh dari pihak luar.

About the Author