MANDIRI

1. Peningkatan Kemandirian dalam Literasi

  • Gerakan Membaca 15 menit

Kegiatan Gerakan Membaca 15 menit di  SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dalam rangka menumbuhkan minat baca siswa yang timbul dari dalam diri siswa. Kegiatan Gerakan Membaca 15 menit bertujuan membantu para siswa membiasakan diri melakukan kegiatan membaca untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan wawasan. Kegiatan Gerakan Membaca 15 menit dilaksanakan dalam bentuk pembiasaan terprogram dan terjadwal setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu pada pukul 07.00 – 07.10 WIB dengan dipandu oleh wali kelas masing-masing. Adapun pembagian jenis bacaan pada kegiatan Gerakan Membaca 15 menit adalah; setiap hari selasa membaca literasi wawasan umum berbahasa Indonesia, hari rabu membaca literasi berbahasa Inggris, hari Kamis membaca literasi berbahasa jawa dan hari sabtu membaca literasi sesuai pilihan siswa.

  • Wajib Kunjung Perpustakaan

Kegiatan wajib kunjung perpustakaan di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dalam rangka menumbuhkan minat baca dan ketertarikan akan ketersediaan bahan bacaan yang beragam sebagai bagi seluruh siswa dilaksanakan setiap waktu istirahat. Setiap siswa diwajibkan berkunjung ke perpustakaan minimal 2 hari sekali. Bagi siswa paling aktif berkunjung ke perpustakaan selama kurun waktu selama satu semester diberikan penghargaan oleh pihak perpustakaan.

  • Menulis di Majalah Dinding Kelas

Kegiatan menulis di majalah dinding di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis kelas dalam rangka menumbuhkan kreativitas menulis dan seni dekoratif serta memunculkan ide-ide kreatif siswa. Kegiatan menulis diikuti diikuti oleh seluruh siswa dengan bimbingan wali kelas masing-masing. Hasil karya siswa baik dalam bentuk tulisan sastra maupun tulisan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi diseleksi dan dipilih yang terbaik oleh tim di kelas tersebut yang selanjutnya ditempel di majalah dinding yang ada di tiap kelas untuk satu periode tayang. Periode penayangan mading adalah 2 kali tayang dalam 1 satu semester sehingga dalam satu tahun tampilan majalah setiap kelas berganti 4 (empat) kali.

  • Lomba Menulis dan penampilan kreatif di Majalah Dinding Kelas

Kegiatan lomba menulis dan penampilan kreatif siswa di majalah dinding di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dalam rangka menumbuhkan budaya kompetisi dalam menulis dan menampilkan ide-ide kreatif siswa.  Lomba menulis dan penampilan kreatif di majalah dinding kelas dilaksanakan setiap semester. Tim penilai lomba melibatkan pihak perpustakaan bekerjasama dengan guru Bahasa Indonesia/Inggris/Jawa serta pihak terkait yang berkompeten dalam memberikan penilain terhadap hasil karya kreatif dan tulisan siswa. Hasil karya kreatif dan tulisan siswa yang terbaik selanjutnya ditampilkan pada majalah dinding perpustakaan yang kemudian didokumentasikan sebagai bacaan siswa milik perpustakaan sekolah.

 

2. Pengintegrasian nilai kemandirian ke dalam kurikulum dengan menggunakan metode pembelajaran

  • Pembelajaran online melalui Quipper School SMPN 1 Purbalingga

Kegiatan pembelajaran online melalui Quipper School SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dalam rangka menumbuhkan minat dan budaya belajar mandiri siswa. Kegiatan pembelajaran online melalui Quipper School merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa sesuai dengan tugas dengan ketentuan durasi waktu mengerjakan yang telah disepakati bersama oleh siswa dengan guru pengampu mata pelajaran masing-masing. Para siswa siswa dapat mempelajari materi secara mandiri dan mengevaluasi diri hasil belajar yang telah diperoleh melalui portal siswa yang tersedia. Para siswa dapat melakukan komunikasi aktif (diskusi) dengan pengampu mata pelajaran melalui fasilitas chatting yang tersedia. Guru memantau keaktifan dan perkembangan hasil belajar dan penguasaan materi masing-masing melalui hasil pekerjaan siswa dalam portal guru.

 

3. Kepramukaan

  • Ekstrakurikuler wajib kepramukaan

Kegiatan Ekstrakurikuler wajib kepramukaan di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksanakan berbasis budaya sekolah dalam rangka mengembangkan potensi diri, pengendalian diri dan kecakapan hidup. Kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan  dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 13.30 – 15. 30 WIB yang diikuti oleh seluruh  siswa kelas VII dan VIII pada periode minggu yang berbeda. Pembimbing kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan melibatkan pembina pramuka dari dalam sekolah yakni guru yang telah memiliki kompetensi dalam bidang kepramukaan bekerjasama dengan pelatih/Pembina dari Kwarcab Kabupaten Purbalingga serta siswa pendamping yang tergabung dalam Dewan Penggalan (DP).

  • Kegiatan Persami Kepramukaan

Kegiatan perkemahan sabtu malam minggu (persami) kepramukaan dilaksanakan berbasis sekolah dan masyarakat dalam rangka mengembangkan potensi diri, pengendalian diri dan kecakapan hidup siswa.  Kegiatan persami kepramukaan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun secara terpisah. Materi kegiatan meliputi kepemimpinan, kerjasama, kemandirian, keterampilan dasar tali temali, sandi, baris berbaris dan penguatan jiwa wirausaha. Pembimbing kegiatan persami kepramukaan melibatkan pembina pramuka dari dalam sekolah yakni guru yang telah memiliki kompetensi dalam bidang kepramukaan bekerjasama dengan pelatih/Pembina dari Kwarcab Kabupaten Purbalingga serta siswa pendamping yang tergabung dalam Dewan Penggalan (DP).

  • Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang di SMP Negeri 1 Purbalingga dilaksakan berbasis budaya sekolah dalam rangka membekali anggota Dewan Penggalang baru agar memiliki kompetensi dalam mengorganisasikan kegiatan kepramukaan dan membimbing siswa agar mampu menjadi mentor (tutor sebaya)  bagi siswa lainnya dalam upaya mengembangkan potensi diri, pengendalian diri dan kecakapan hidup. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dewan penggalang  dilaksanakan pada akhir tengah semester gasal. Materi kegiatan meliputi materi kepemimpinan, organisasi/kelembagaan, kerjasama dan kemandirian, keterampilan dasar tali temali, sandi, baris berbaris, penguatan jiwa wirausaha dan dinamika kelompok. Pembimbing kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dewan penggalang melibatkan pembina pramuka dari dalam sekolah yakni guru yang telah memiliki kompetensi dalam bidang kepramukaan bekerjasama dengan pelatih/Pembina dari Kwarcab Kabupaten Purbalingga serta siswa pendamping yang tergabung dalam Dewan Penggalan (DP) periode sebelumnya.

About the Author