Uncategorized

IN HOUSE TRAINING (IHT) PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) SMP NEGERI 1 PURBALINGGA

Pandemi Covid19 memang memaksakan banyak hal. Memaksa kita untuk hidup dalam tata cara hidup yang baru (new normal), memaksa kita untuk beradaptasi dengan kondisi yang baru, dan memaksa kita untuk mau belajar banyak hal baru.

Pendidikan, sebagai salah satu lini yang merasakan dampak dari adanya pandemic Covid19. Pembelajaran bagi siswa yang mau tidak mau, harus dilaksanakan secara online (daring), mengharuskan para guru untuk bisa segera beradaptasi dengan proses pembelajaran tersebut.

Dengan tidak adanya tatap muka, maka pembelajaran seluruhnya dilakukan melalu dunia maya. Memanfaatkan banyak aplikasi pembelajaran online (daring) yang banyak tersebar di dunia maya demi memaksimalkan pelayanan pembelajaran kepada siswa Spenzaga.

Untuk mendukung hal tersebut, maka SMP Negeri 1 Purbalingga mengadakan kegiatan In House Training (IHT) Pembelajaran Online (daring) bagi seluruh guru di SMP Negeri 1 Purbalingga. IHT yang dilaksanakan sebelum Tahun Pelajaran 2020/2021 dimulai ini, berhasil melatih guru-guru di SMP Negeri 1 Purbalingga untuk menggunakan aplikasi pendukung pembelajaran online (daring).

Saat tahun pelajaran 2020/2021 dimulai, seluruh guru mata pelajaran di SMP Negeri 1 Purbalingga telah siap dengan kelas maya mereka masing-masing. Melalui aplikasi Google Classroom yang telah dipelajari selama masa IHT, Bapak/Ibu Guru di SMP Negeri 1 Purbalingga telah menyiapkan ruang maya, bagi proses pembelajaran seluruh siswa SMP Negeri 1 Purbalingga.

Selain itu, kreativitas para guru SMP Negeri 1 Purbalingga juga diasah melalui pelatihan aplikasi video pembelajaran “Camtasia”. Melalui aplikasi tersebut, Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 1 Purbalingga bisa menghadirkan sosok seorang guru yang sedang mengajar, walau dalam kelas maya.

Antusiasme Bapak/Ibu Guru di SMP Negeri 1 Purbalingga dalam mengikuti IHT ini sangat luar biasa. SMP Negeri 1 Purbalingga juga memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pembelajaran online (daring) selama masa pandemic Covid19 ini. Laboratorium Komputer dengan akses internet yang sangat memadai, selalu terbuka bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan demi kelancaran proses pembelajaran online (daring) ini.

SMP Negeri 1 Purbalingga selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh siswa. Demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.