Homestay

Sekitar 280 siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Purbalingga mengikuti homestay di Desa Serang, Kecamatan Karangreja pada 27-29 April 2018.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap sesama dalam kehidupan bermasyarakat.
Meningkatkan rasa empati siswa terhadap sesama, meningkatkan nilai-nilai kepribadian siswa secara komprehensif dalam kehidupan sosial bermasyarakat, mengaplikasikan pembelajaran di sekolah dalam kehidupan bermasyarakat, serta membantu siswa mendapatkan pendidikan kecakapan hidup,
Pendidikan sebaiknya tidak hanya fokus kepada ranah kognitif, namun harus juga memperhatikan seluruh potensi yang dimiliki siswa. Pelajaran yang menggabungkan beberapa ranah dan aspek tersebut dalam lingkungan kelas sangatlah kurang. Kesan belajar di kelas itu monoton dan kurang variasi.

Oleh karena itu pihaknya mengadakan kegiatan sekolah yang menggabungkan beberapa ranah dan aspek tersebut melalui outdoor learning dalam bentuk homestay. ”Selama homestay, anak tinggal beberapa hari di keluarga yang sudah ditentukan dan berbaur dengan lingkungan sekitar. Siswa dapat membantu pekerjaan dan mengikuti kegiatan rutin tuan rumah,” .
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjembatani antara pendidikan bermakna dan kebutuhan anak dalam mengksplorasi keingintahuan, serta melatih kecakapan hidup dan kehidupan sosial masyarakat.
Kegiatan yang dilakukan anak selama homestay cukup padat. Mereka datang pada Jumat, siswa muslim melaksanakan shalat Jumat dan yang non muslim melaksanakan kegiatan keagamaan.
”Mereka ada kegiatan diskusi kelompok, tracking, flying fox, agro education, paparan hasil kegiatan, pentas seni, api unggun, kerja bakti, dan bakti sosial,” ujarnya. Dalam kegiatan itu, siswa menyerahkan bantuan uang Rp 2 juta untuk membantu pembangunan mushala. Dana itu dikumpulkan secara spontanitas dari siswa

Tags:

About smpn1 pbg