Detail Profil Sekolah

IMG_1719
SMP Negeri 1 Purbalingga merupakan salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Purbalingga.  Terletak di sebelah selatan alun-alun Purbalingga, beralamat di Jalan Kapten Piere Tendean no 8 Purbalingga.

Sekolah ini berdiri sejak zaman kolonial Belanda, dulu bernama HIS (Hollandsch-Inlandsche School).  Pada masa pendudukan Jepang berganti nama menjadi Sekolah Rakyat Sempurna.  Setelah kemerdekaan, sekitar tahun 1950-an berganti nama lagi menjadi SMP (Sekolah Menengah Pertama). Kemudian sekitar tahun 1964 sekolah ini dipecah menjadi 2 yaitu SMP Negeri 1 Purbalingga dan SMP Negeri 2 Purbalingga sampai saat ini.

SMP Negeri 1 Purbalingga memiliki sistem pendidikan yang berkualitas yaitu sistem pendidikan yang dapat menghasilkan keseimbangan antara kompetensi akademis dan kecakapan hidup sebagai bekal bagi siswa untuk menghadapi tantangan masa depan.  Dengan demikian kemampuan yang dimiliki siswa tidak sebatas teoritis yang biasa diperoleh di dalam kelas, melainkan disempurnakan dengan memberikan kesempatan secara langsung untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.  Hal ini tersirat dalam visi dan misi SMP Negeri 1 Purbalingga :

VISI
Melejitnya kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual menuju generasi mandiri dan kompetitif berwawasan nasional dan internasional.

MISI
1.  Mewujudkan pribadi-pribadi warga sekolah yang cerdas dan mandiri serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
2.  Mewujudkan pribadi-pribadi warga sekolah yang memiliki budaya nasional dan mampu mengadopsi serta mengadaptasi budaya global;
3.  Mengembangkan fasilitas dan sumber belajar sekolah yang berstandar internasional;
4.  Mewujudkan keorganisasian dan managemen sekolah yang solid berstandar internasional;
5.  Mewujudkan partisipasi masyarakat guna mendukung program sekolah;
6.  Mewujudkan sistem penilaian berstandar internasional.

Demikian sekilas tentang SMP Negeri 1 Purbalingga, the nicest place to the bright future. Terima Kasih.