Borong Juara Lomba Matematika

SMP Negeri 1 Purbalingga berhasil memborong juara pada Lomba Matematika yang diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kabupaten Purbalingga. Lomba yang digelar di Aula PGRI Purbalingga, Rabu (16/1/2019) ini diikuti 290 siswa dari 65 sekolah, terdiri 58 SMP dan tujuh MTs.

Ketua MGMP Matematika SMP  Kabupaten Purbalingga, Rokhyadi, S.Si mengatakan, juara satu sampai tiga diborong oleh siswa SMPN 1 Purbalingga. Yakni juara 1 Jennie Alvina Revasani, juara 2 Dwi Setiadhi, dan juara ketiga Jenson Cornelius. Sedangkan juara harapan 1 diraih Nalendra Ilyasains Kabiro dari SMP Istiqomah Sambas, juara harapan 2 Azhar Aryananta dari SMPN 1 Purbalingga, dan juara harapan 3 Ilham Arief Septian dari SMPN 1 Kaligondang.

“Lomba ini sebagai sarana latihan bagi siswa dalam menghadapi Ujian Nasional,” ujar Rokhyadi.

Rokhyadi menmjelaskan, lomba digelar dalam dua babak, yakni babak penyisihan , seluruh peserta mengerjakan soal pilihan ganda 40 nomor, dengan skor benar dikalikan empat, dan skor salah dikurangi satu. Kemudian pada babak final diambil 15 besar.

“Karena dalam babak final ada yang memiliki skor sama, maka pada babak final ini ada 16 peserta. Mereka mengerjakan tiga soal uraian dalam waktu 10 menit. Di sini, siswa dituntut cepat, tepat dan teliti,” ujar Rokhyadi.

Ketua PGRI Purbalingga, Sarjono , S.Pd, M.Si menyambut baik kiprah MGMP Matematika SMP menyelenggarakan lomba ini.

“Ini langkah bagus untuk  mewadahi kompetensi dan kreativitas para guru dalam membimbing para siswa mengembangkan kemampuannya di bidang matematika,” ujar Sarjono.

About smpn1 pbg